Senin, 13 Juni 2016

Pengenalan Python

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Python merupakan bahasa pemograman tingkat tinggi yang dikembangkan oleh Guido Van Rossum pada tahun 1989 dan diperkenalkan untuk pertama kalinya pada tahun 1991. Python dirancang untuk memberikan kemudahan yang sangat luar biasa kepada programer baik dari segi efisiensi waktu, maupun kemudahan dalam pengembangan program dan dalam hal kompatibilitas dengan sistem. 

Python adalah bahasa pemrograman yang mudah dipelajari dan powerful. Python memiliki struktur data tingkat-tinggi yang efisien dan merupakan pendekatan yang sederhana tetapi efektif pada pemrograman yang berorientasi pada objek (Object-oriented Programming). Syntax elegan dan dynamic typing yang dimiliki oleh python, bersama dengan interpreted nature dari Python, menjadikannya bahasa pemrograman yang ideal untuk melakukan ‘scripting’ dan pengembangan aplikasi yang pesat dalam banyak area pada kebanyakan platform.

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN PYTHON
     Pemograman python juga memiliki kelebihan dan kekurangan dibandingkan dengan pemograman seperti Java, PHP, Visual Basic, C++ dan lain sebagainya.

a. Kelebihan Python
1. Mudah Digunakan (Easy To Use)
    Python merupakan merupakan bahasa pemrograman yang sederhana dan minimalis. Membaca program python hampir seperti membaca bahasa inggris. Ini merupakan salah satu kekuatan terbesar dari bahasa pemrograman python. Python dapat membuat anda berkonsentrasi pada penyelesaian masalah dari pada memikirkan bahasa itu sendiri. Python sangatlah mudah untuk dijadikan permulaan untuk belajar bahasa pemrograman. Python memiliki syntax yang sederhana.

2. Kompabilitas dan Kemampuan Tingkat Tinggi
    Python mempunyai kekuatan serta kemampuan yang diharapkan dari suatu bahasa pemrograman modern. Python mampu menangani pemrograman sederhana hingga pemrograman yang kompleks serta mendukung pemrograman berbasis Graffic User Interface (GUI Programming). Python tidak menggunakan banyak memory untuk menjalankannya sehingga user tidak perlu merasa khawatir memikirkan manajemen memory pada program yang akan dibuat.

3. Pemrograman Berorientasi Objek
    Pemrograman berorientasi objek  merupakan paradigma pemrograman yang berorientasikan kepada objek. Semua data dan fungsi di dalam paradigma ini dibungkus dalam kelas-kelas atau objek-objek. Bandingkan dengan logika pemrograman terstruktur. Setiap objek dapat menerima pesan, memproses data, dan mengirim pesan ke objek lainnya,
Model data berorientasi objek dikatakan dapat memberi fleksibilitas yang lebih, kemudahan mengubah program, dan digunakan luas dalam teknik piranti luas skala besar. Lebih jauh lagi, pendukung OOP mengklaim bahwa OOP lebih mudah dipelajari bagi pemula dibanding dengan pendekatan sebelumnya, dan pendekatan OOP lebih mudah dikembangkan dan dirawat.

4. Platform Independent
    Python merupakan bahasa pemrograman yang platform independent yang artinya dapat digunakan pada sistem operasi apa saja baik itu SO Windows, SO Linux dan lain-lain.

5. Open Source
    Python bersifat gratis sehingga anda dapat menginstal tanpa mengeluarkan satu rupiahpun, program python banyak disediakan secara gratis di internet. bahkan sudah ada aplikasi android yang mempublikasikan tentang penggunaan program python seperti QPython.apk

b. Kekurangan Python.
1. Beberapa penugasan terdapat di luar dari jangkauan kemampuan Python, seperti bahasa pemrograman dinamis lainnya, Python tidak secepat atau efisien sebagai statis, tidak seperti bahasa pemrograman C.

2. Disebabkan karena Python merupakan interpreter, Python bukan merupakan perangkat bantu terbaik untuk pengantar komponen kinerja kritis.

3. Python tidak dapat digunakan sebagai dasar bahasa pemrograman implementasi untuk beberapa komponen, tetapi dapat bekerja dengan baik sebagai bagian depan script interface.

4. Python memberikan tingkat efisiensi dan flexibility trade off by dengan tidak memberikannya secara menyeluruh.

Demikian Penjelasan mengenai pemrograman Python, kurang lebihnya mohon dimaafkan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar