Jumat, 17 Juni 2016

WEB Programming Python Bagian 1

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh…!!!
Kali ini kita akan mempelajari tentang Web Programming menggunakan Python. Tentunya materi yang paling diminati oleh banyak orang yakni web programming…
Python merupakan bahasa pemrograman yang mendukung pengembangan aplikasi berbasis desktop dan juga aplikasi berbasis web. Biasanya kalau berhubungan dengan WEB maka orang akan berfikir framework yang digunakan. Tentunya ada beberapa framework yang bisa digunakan untuk membangun aplikasi web berbasis python ini antara lain adalah Django, Web2py, Cherrypy dan lain-lain. Masing-masing framework memiliki aturan khusus dalam penulisan syntax. Framework tersebut mengadopsi struktur yang sama seperti pemrograman CGI. Untuk lebih jelasnya mari kita pelajari pemrograman CGI.
Common Gateway Interface atau disingkat CGI adalah suatu standar untuk menghubungkan berbagai program aplikasi ke halaman web. CGI mirip sebuah program komputer yang menjadi perantara antara standar HTML yang menjadikan tampilan web dengan program lain, seperti basis data (database). Hasil yang diperoleh dari proses pencarian dikirimkan kembali ke halaman web untuk ditampilkan dalam format HTML.
Python menyediakan modul CGI yang bisa digunakan untuk membuat aplikasi berbasis web. Tentunya python tidak kalah dengan pemrograman berbasis web lain seperti Java, PHP dan lain2. Mari kita lakukan percobaan untuk membuat web dengan menggunakan python.
Hal Yang paling utama sebelum membuat aplikasi adalah mempersiapkan beberapa komponen aplikasi diantaranya adalah :
a.       Menginstal Program Python
b.      Menginstal Program Web Server Seperti Apache2 atau Xampp
c.       Setelah kedua program berhasil di instal maka langkah selanjutnya adalah mengkonfigurasi file httpd.conf yang berada pada directory web server, pada kesempatan ini saya menggunakan Xampp.
d.      Buka directory Xampp dan masuk ke folder apache → Conf dan cari file httpd.conf
e.       Buka file httpd.conf menggunakan notepad
f.       Cari baris AddHandler cgi-script .cgi .pl .asp pada file setelah itu tambahkan extensi python seperti ini AddHandler cgi-script .cgi .pl .asp .py
g.      Cari baris <Directory /> dan tambahkan ExecCGI pada list Options FollowSymLinks
h.      Setelah itu simpan
i.        Selanjutnya kita akan mencoba membuat halaman web dasar pada python’
j.        Buka Notepad dan ketikkan script dbawah ini :
#!/Python27/python
print "Content-type:text/html"
print
print '<html>'
print '<head>'
print '<title>WEB Python </title>'
print '</head>'
print '<body>'
print '<h1><center>Tutorial Web Programming Python Bagian 1 Python</center></h1>'
print
print
print '<h2><center>Selamat Belajar Bagi Para Pecinta Python</h2></center>'
print '</body>'
print '</html>'
pada script diatas jangan lupa menuliskan posisi directory python.exe (#!/Python27/python)
setelah itu simpan pada directory xampp folder cgi-bin dengan nama web.py (terserah nama apa saja asalhkan ekstensinya .py)
k.      Buka browser dan ketikkan localhost/cgi-bin/web.py pada url dan lihatlah hasilnya
Oke. Sekian dulu postingannya nanti kita akan pelajari lagi tentang web programming menggunakan python. Terima Kasih ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar